Senin, 09 Februari 2015

Situs Layanan Penyimpanan (Cloud Storage)

Layanan cloud storage adalah model penyimpanan data di dalam server yang dikelola oleh perusahaan dengan jaringan hosting berkapasitas besar. Lewat internet, data yang disimpan dalam jaringan ini selalu bisa kamu akses, sunting, dan unduh dari mana saja. Ketika hard disk udah penuh dan flash disk-mu ketinggalan, penyimpanan cloud adalah alternatif yang bisa sangat membantu. 

 

1. OneDrive



One stop drive storage via onedrive.live.com
OneDrive adalah layanan penyimpanan data milik Microsoft, jadi soal kualitas dan jaringan server pastinya tidak meragukan lagi. Layanan ini menawarkan space 15 GB secara gratis ketika kita mendaftar. Tentu saja ruang sebesar itu nantinya dapat digunakan untuk menyimpan foto, video, atau dokumen penting Word, Excel, PowerPoint, dan sebagainya.
Kemudian dari dalam OneDrive itu sendiri kita bisa membuat, menyunting dan membagikan dokumen-dokumen penting tanpa mempedulikan device apa yang kita gunakan. Apakah itu Macbook, Tablet Android, atau Windows Phone, semua bisa dilakukan melalui OneDrive.

2. Google Drive

 

Lagi-lagi dari raksasa teknologi Google, ada Google Drive yang memberi  ruang penyimpanan sebesar 15 GB. Yang membuat Google Drive menarik adalah kemudahannya untuk terhubung dengan Gmail dan Google+. Misalnya, ketika kita menerima email berisi tiket yang dipesan online, kita tinggal memindahkannya dari Gmail ke Google+ dan dengan mudah tiket itu bisa di-share ke keluarga atau teman yang ikut serta dalam perjalanan kita.


3. Box

 


Salah satu saingan terberat Dropbox adalah Box.com. Mungkin karena namanya mirip :)  Box pun menawarkan space yang lumayan, sekitar 10 GB gratis saat kita mendaftar. Selain itu, Box juga membagi layanannya dalam 3 kebutuhan. Selain kebutuhan pribadi, ada kebutuhan bisnis dan kebutuhan industri. Sama seperti Google Drive, Box juga bisa kita gunakan untuk kerja tim. Jadi, bukan hanya media penyimpanan dan berbagi data.
Sinkronisasi data di Box pun termasuk mudah. Dengan Box ini, kita bisa mengakses data yang tersimpan melalui ponsel, tablet, maupun komputer. Sayangnya Box hanya memperbolehkan share data sebesar 250 MB.


4. TeamDrive

 

TeamDrive menyediakan 10 GB secara gratis pada saat mendaftar. Dengan sinkronisasi antarkomputer yang mulus, kita bisa berbagi dokumen, musik, gambar dan folder kepada rekan atau sekedar menyimpannya untuk dibuka di lain waktu di lain tempat.
Keunggulan dari layanan TeamDrive adalah keamanan tingkat tinggi. TeamDrive melindungi data penggunanya dengan enkripsi 256 bit, sistem pengamanan terkini yang membuat data pengguna lebih susah dijebol. Selain itu, cuma pemilik data saja yang berhak menentukan siapa aja yang boleh mengakses data itu.

5. Amazon Cloud Drive

 


Layanan cloud milik Amazon ini menyediakan storage 5 GB secara cuma-cuma. Dengan layanan ini tentunya kita bisa menyimpan foto, dokument ataupun file lainnya yang diambil dari ponsel dan tablet langsung ke awan (cloud) Amazon. Sama seperti layanan penyimpanan lain, foto-foto tersebut bisa diakses dengan mudah melalui komputer ketika udah sampai di rumah.

6. Wuala

 


Sama seperti Amazon Cloud Drive, Wuala juga memberikan 5 GB penyimpanan secara gratis, yang bisa digunakan buat menyimpan dan berbagi data. Menariknya, sebelum diunggah ke server Wuala data kita akan di-enkripsi terlebih dahulu. Selain itu, password yang dipasang gak pernah ditansmisikan ke kantor Wuala, jadi karyawan mereka pun tidak tahu password yang kita buat.Wuala juga memiliki sistem backup data yang lumayan baik, sehingga kalau kita tidak sengaja menghapus file yang kita kerjakan layanan ini masih menyimpan beberapa versi lama dari file tersebut.


7. CloudMe



Cloudme.com memberi penyimpanan gratis lumayan dari penyedia cloud lainnya yakni sebesar 19 GB, sayangnya adalah setiap file yang tersimpan di sini harus berukuran kurang dari 150 MB.
Keunikan CloudMe terletak pada antar-muka penggunanya, yang mirip antar-muka desktop komputer. Dengan begitu tentunya kita lebih mudah membedakan folder mana yang buat kerja dengan folder yang lebih bersifat lebih personal. Pastinya ini cocok buat pecinta musik, karena bisa membawa playlist kemana pun kita pergi.


8. CX

 


Kapasitas ruang penyimpanan CX adalah 10 GB. dan tentunya gratis juga. Di sini kita bisa mengakses dan mensinkronisasi data yang disimpan dengan mudah dari berbagai device termasuk komputer.
Keunggulan CX adalah ketika kita ingin berkolaborasi dengan sekelompok rekan kerja yang memungkinkan kita membagikan data kepada banyak orang.


9. Sugar Sync

 


Selain memberi 5 GB secara gratis, Sugar Sync juga memungkinkan kita memilah data mana yang bisa disinkron dan pada device mana data tersebut bisa disinkron. Sharing data melalui Sugar Sync juga termasuk aman dan data bisa dibuka dengan mudah di ponsel maupun tablet.


10. SpiderOak

 

Meskipun cuma menyediakan space gratis sebesar 2 GB, SpiderOak menjanjikan sistem back-up yang dijamin aman. Kita tidak perlu khawatir data akan hilang atau dicuri. Berbagi dan mensinkron data dengan SpiderOak cukup mudah karena kita bisa memilih data mana yang bisa diakses, oleh siapa saja, atau melalui device yang mana saja. Semua data bisa dilindungi oleh password.


11. Copy



Copy memberi kamu kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Dengan layanan ini data dan file bisa diakses melalui komputer, tablet atau ponsel dengan nyaman. Beda dengan beberapa layanan cloud pesaing, Copy tidak membatasi data dengan ukuran tertentu. Di balik itu, semua proses dijamin tetap aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar